Uraian Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Camat

– Sekretaris Camat mempunyai tugas membantu Camat dalam mengoordinasikan pelaksanaan pembinaan administrasi yang
meliputi ketatausahaan, ketatalaksanaan, kerumahtanggaan, hubungan masyarakat, perlengkapan, kepegawaian,
pengumpulan data, pelaporan, bahan perumusan rencana program, keuangan serta pemberian pelayanan teknis dan
administrasi kepada Camat dan semua unsur di lingkungan Kecamatan.
– Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris Camat mempunyai fungsi :

1. Melaksanakan penyusunan rencana, pengendalian dan mengevaluasi pelaksanaannya;
2. Mempersiapkan pembinaan kepegawaian, berkas usulan PNS dalam rangka kenaikan gaji berkala, kenaikan pangkat,
pensiun dan mutasi lainnya;
3. Mempersiapkan bahan-bahan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
4. Merencanakan pengadaan alat-alat tulis kantor dan perlengkapan lainnya serta melakukan kegiatan-kegiatan
kebersihan kantor;
5. Melaksanakan pembinaan penyelenggaraan administrasi serta memberikan pelayanan teknis dan administratif kepada
seluruh Perangkat Pemerintah Kecamatan;
6. Melaksanakan koordinasi terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh Perangkat Kecamatan dalam rangka
penyelenggaraan administrasi pemerintah;
7. Melaksanakan urusan keuangan yang meliputi penerimaan, penyimpanan dan mengeluarkan uang Pemerintah Kecamatan;
8. Melaksanakan pengendalian tata naskah dinas yang meliputi pengurusan naskah dinas, surat masuk, naskah dinas
surat keluar, penyimpanan, penerimaan dan peninjauan arsip;
9. Memfasilitasi pembinaan dan pengawasan terhadap Lurah;
10. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai bidang tugasnya;
11. Melaporkan dan mempertanggung jawabkan atas pelaksanaan tugas kepada Camat sesuai standar yang ditetapkan.

Untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud, Sekretaris Camat dibantu oleh :

1. Kepala sub bagian umum, perlengkapan dan kepegawaian;
2. Kepala sub bagian program dan keuangan.